Keunggulan dan Kekurangan Yamaha MT-15

0

Keunggulan dan Kekurangan Yamaha MT-15 – Yamaha MT-15 menyandang gelar naked sport 150 cc termahal. Saat ini motor ini dijual Rp 38,525 jtua OTR DKI Jakarta. Ia hadir untuk melengkapi line-up di kelas sport 150 cc. Kehadirannya juga sekaligus menjadi pelengkap keluarga MT-Series slot server kamboja no 1 di Indonesia. Punya desain berani dan agresif menjadi modal penting buat dirinya. Sebelum anda membelinya, kenali dulu keunggulan dan kekurangan Yamaha MT-15.

Kelebihan Yamaha MT-15

Desain

Desain bagian depan terlihat sangar, begitu kental naunsa MT series. MT-15 punya tampang yang tidak lazim untuk motor naked bike 150 cc di Indonesia. Tampangnya semacam cerminan motor era sekarang, yang mengedepankan tampilan agresif. Batoknya minim dan ada sirip-sirip terbuka. Pencahanaayn utamanya mengadopsi teknologi projector LED. Jenis lampu ini sangat membantu saat menggunakannya pada malam hari. Terlihat terang dan fokus.

Kemudian ada suspensi up side down berkelir emas dan diameternya besar. Bodi dibuat padat di depan, ciri khas motor street fighter. Terlihat ada logo khas MT tertempel di sisi kiri tangki. Banyak garis tegas dan detail sudut yang tajam, bsia di lihat di bagian tangki dan air shroudnya. Menciptakan motor yang berotot dan sporty.

Pakai model jok menyatu dan panjang. Tatanan ini menciptakan ruang posisi duduk yang lebih luas. Baik bagi pengendara maupun penumpang. Bodi belakang sampai tengah di rancang pendek, dan tidak banyak peranti. Cuma stoplamp LED, sein kiri dan kanan, serta spakbor tanggung untuk menutupu bagian atas roda. Tambahannya terdapat dudukan plat nomor kendaraan.

Baca Juga: Keunggulan Yamaha XSR 155 Lengkap

Layaknya motor street fighter, bagian stang tidak banyak tombol macam-macam. Cuma yang menjadi pembeda ada big bike switch, untuk sistem pengoperasian motor. Maksudnya tombol starter menyatu dengan engine cut off. Bukan di tekan, melainkan di dorong ke bawah.

Speedometer sudah full digital dengan teknologi negatif display. Dengan teknologi itu angka yang ada di dalamnya bisa terlihat jelas, agen baccarat siang maupun malam. Isinya ada speedometer, takometer, trip A-B, trip fuel, konsumsi BBM rata-rata dan real time, posisi persneling, fuel meter, dan indikator VVA. Sayangnya tidak ada penunjuk waktu atau jam. Menariknya ada shift timing light di bagian atas speedometer. Fungsinya memang untuk memperingatkan pengendaranya agar melakukan perpindahan gigi.

Performa

Soal performa lebih mengutamakan torsi ketimbang speed. Di bekali jantung pacu berkubikasi 155 cc 4 katup berteknologi VVA. Daya maksimal yang di hasilkan 19 HP di 10.000 rom dan torsi 14,7 Nm di putaran mesin 8.500 rpm. Yamaha tetap mempertahankan SOHC untuknya, membuat ia unggul di putaran bawah hingga menengah.

Motor ini telah di lengkapi dengan liquid cooled (berpendingin cairan) yang mampu menjaga suhu motor tetap stabil. Kelebihan lain yang di tanamkan pada mesin MT-15 adalah fitur assist. Konon ini yang membuat kopling menjadi ringan.

Pabrikan juga membenamkan slipper clutch, yang memperhalus proses perpindahan gigi. Jadi pengendara bisa berakselerasi lebih tangkas. Terakhir, insinyur Yamaha turut mengaplikasikan teknologi DIAsil cylinder & forged piston. Menurut Yamaha, formulasi inilah yang membuat mesin motor menjadi tiga kali lebih awet dan ringan.

Penunjang kestabilan bisa di rasakan dari sektor kaki. Depannya pakai suspensi tipe up side down dan belakangnya menggunakan banana arm yang terbuat dari bahan alumunium. Selain menambah kesan sporty, penggunaannya juga bsia mengurangi bobot motor.

Pelek depannya punya lebar 2,75 inci dengan lingkar pelek 17 inci di bungkus ban 110/70-17. Belakang 4 inci dengan diameter sama, yang berbalut ban 140/70-17. Ukuran pelek dan ban yang di pakai setara dengan Yamaha New YZF-R25. Desain peleknya pun serupa, cuma beda warna.

Soal efisiensi bahan bakar, kami pernah mencobanya. Menurut hasil pengujian full to full, motor di gunakan sejauh 213 km. Lebih kurang menghabiskan 4,9 liter bahan bakar. Di asumsikan 1 liternya bisa menempuh sekira 42 km. Cukup irit untuk ukuran sport naked bike 150 cc. Tentu hasil ini bisa berbeda, tergantung cara berkendaranya. Pengetesannya menggunakan bahan bakar oktar 95 dan di lakukan hanya di dalam kota.

Kekurangan

Bisa di bilang harga yang di tawarkan merupakan paling mahal di antara kompetitor. Sebut saja Honda CB150R streetfire varian tertinggi yang di lego Rp 31,530 juta dan Suzuki GSX-S150 Rp 31,442 juta OTR DKI Jakarta.

Sayangnya dengan harga yang tergolong mahal, belum di berikan fitur keyless. Padahal tren penggunaan perangkat tersebut sangat memudahkan penggunaannya. Selain itu, teknologi tanpa anak kunci juga meningkatkan sektor keamanan motor dari tindakan kriminal pencurian.

Walaupun sudah menggunakan rem cakram di kedua roda, tetapi pabrikan tidak membari opsi rem ABS (anti-lock braking system). Bentuk cakramnya juga bulat konvensional, bukan pakai motif wave untuk membuatnya lebih menarik.

Tangki bahan bakar Yamaha MT-15 bisa di katakan sedikit lebih kecil di banding kompetitor sekelas. Hanya berkapasitas 10,4 liter. Sedang Honda CB150R Streetfire 12 liter dan Suzuki GSX-S150 mencapai 11 liter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version