Tempat Wisata di Kalimantan yang Wajib Didatangi

0
Tempat Wisata di Kalimantan yang Wajib Didatangi

Tempat Wisata di Kalimantan yang Wajib Didatangi – Pulau Kalimantan atau di kenal juga dengan Borneo, memiliki potensi wisata baik wisata alam maupun pantai. Bukan itu saja, wisata budaya, belanja dan kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri dari salah satu pulau terbesar di Indonesia ini. Mari kita intip beberapa tempat wisata di Kalimantan yang wajib di datangi bila berkunjung ke Pulau ini.

1. Pulau Derawan

Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan ini telah di calonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005. Dan, pulau ini masih terjaga keasliannya, memiliki pasir putih yang sangat halus, warna ombaknya pun jernih dan bening serta memiliki banyak titik untuk snorkeling.

2. Pasar Terapung Muara Kuin

Salah satu tempat wisata di Kalimantan Selatan yang paling terkenal adalah Pasar Terapung. Objek wisata yang satu ini termasuk salah satu tempat untuk aktivitas jual beli warga, dan uniknya anda bisa melakukan jual beli di pasar tepatnya di atas perahu mengapung. Kini, pasar terapung sudah menjadi kawasan wisata Kalimantan Selatan banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

Adapun salah satu jenis pasar terapung paling populer di Banjarmasin yaitu terletak di muara Sungai Barito, di Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin. Pasalnya, pasar terapung ini sudah ada semenjak 400 tahun silam. Adapun barang yang di perjualbelikan di pasar ini berupa makanan, pakaian dan hasil kebun. Awalnya, Pasar Terapung sendiri sebagai tempat untuk bertukra barang atau barter dengan tidak mempergunakan uang. Walaupun kini memakai uang untuk alat tukar, tetapi masih ada beberapa orang yang melakukan barter.

Baca Juga: Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi di Ternate

3. Danau Sentarum

Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Danau Sentarum merupakan komplek danau yang terdiri dari 20 danau besar kecil. Sebagai tempat dengan beragam koleksi satwa liar dan lingkungan alam yang indah, ada banyak hal yang dapat anda lakukan di Taman Nasional Danau Sentarum.

Bagi mereka yang suka menikmati mengamati burung, Bukit Lanjak dan Nanga Kenelang di ketahui memiliki tempat terbaik untuk mengamati beberapa keajaiban terbang di Danau Sentarum. Danau interkoneksi yang luas dan mempesona juga membuat tempat yang sempurna untuk kano sambil mengamati satwa liar alami pada saat bersamaan.

4. Sunset di Pantai Melawai

Pantai Melawai menjadi ikon atau tempat nongkrong muda-mudi yang tinggal di Balikapapan serta pariwisata di Pulau Kalimantan Indonesia. Tempat ini menjadi terkenal karena lokasinya yang mudah di jangkau serta pemandangan khas kota Balikpapan yang terpampang setiap hari seolah-olah pantai ini merupakan cerminan Kota Balikpapan itu sendiri.

Lokasinya di pinggir jalan sehingga mudah untuk di temukan, tepatnya berada di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Provinsi Kaliamantan Timur.

5. Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung Kalimantan Tengah. Di sini terdapat konservasi orang utan terbesar di dunia dengan populasi di perkirakan 30.000 sampai 40.000 orang utan yang tersebar di taman nasional dan juga di luar taman nasional ini. Taman nasional Tanjung Puting berukuran seluas Pulau Bali dan memiliki beberapa tipe ekosistem seperti: hutan hujan tropis, dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan mangrove, hutan pantai dan hutan sekunder.

Letak taman nasional ini berada di ketinggian 0-100 mdpl dan merupakan rumah bagi satwa endemik dan di lindungi seperti: orang utan, bekantan, lutung merah, beruang, kancil, dan kucing hutan. Terdapat juga 200 jenis burung, 38 jenis mamalia, hewan liar lainnya dan sejumlah flora yang mendiami taman nasional ini. Taman Nasional Tanjung Puting ini merupakan pusar rehabilitasi orang utan pertama di Indonesia.

6. Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai

Jembatan Gantung Bangkirai adalah sejenis jembatan gantung yang berada di kawasan wisata Bukit Bangkirai, Kabupaten Kutai Kartanegara. Di temapt ini, ada pohon bangkirai berusia 150 tahun yang ikonik dan di sana juga kalian bisa menikmati merdunya kicauan burung-burung serta satwa liar lainnya. Jika anda punya cukup nyali untuk meniti Jembatan Tajuk bakal, maka cobalah! Ini akan menjadi pengalaman yang mendebarkan.

7. Air Terjun Mananggar

Air Terjun Banangar atau sering di sebut juga Melanggar, Managgar, dan Menaggar adalah patahan Sungai Landak yang menjadi wisata alam berupa air terjun yang berada di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Untuk melihat air terjun ini, anda membutuhkan waktu enam hingga tujuh jam perjalanan dari Pontianak hingga ke Kecamatan Air Besar. Dari sana, anda harus melakukan perjalanan lagi menggunakan perahu.

Akan tetapi, perjalanan panjang dan melelahkan itu akan terbayar kala anda melihat keindahan buih air yang bertebaran di sekitar area. Belum lagi suasanya sejuk yang di berikan akan membuat lelah segera hilang. Tidak ada sarana dan prasarana di lokasi air terjun, jadi di harapkan membawa bekal yang cukup selama menempuh perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *