Surga Kecil di Kepulauan Karimunjawa

0
Surga Kecil di Kepulauan Karimunjawa

Surga Kecil di Kepulauan Karimunjawa – Karimunjawa merupakan wilayah kepulauan di utara Pulau Jawa. Kepulauan Karimunjawa secara administratif merupakan kecamatan dari daerah Kabupaten Jepara yang berjarak kurang lebih 45 mil arah barat laut dari Kota Jepara. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau dengan 5 pulau yang sudah berpenghuni.

Karimunjawa memiliki potensi dalam pariwisata yang juga didukung adanya Taman Nasional dan letak Kepulauan Karimunjawa yang cukup strategis.

Terdapat macam-macam kegiatan pariwisata di Karimunjawa, yaitu snorkeling, diving, tracking mangrove, tracking bukit, dan wisata religi. Tempat yang biasa wisatawan snorkeling yaitu di Pulau Cemara Besar.

Wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di Karimunjawa terutama wisata lautnya. Jika berencana berlibur ke Surga Kecil di Kepulauan Karimunjawa, berikut wisata laut atau pantai yang bisa kalian kunjungi.

1. Pantai Tanjung Gelam

Tanjung Gelam merupakan salah satu lokasi andalan untuk menikmati keindahan matahari terbenam dan memiliki pasir putih halus serta terumbu karang yang indah. “Pantai yang satu ini sangat wajib untuk dikunjungi karena di spot pantai ini sebenarnya ada tiga pantai yang letaknya berjejeran. Yaitu Sunset Beach, Pantai Tanjung Gelam, dan Pantai Batu Topeng”, tulis akun @wisatakarimun.

Wisatawan yang berkunjung cukup membauar biaya parkir untuk dapat menikmati ketiga pantai tersebut sekaligus. Pantai ini terletak di ujung utara pulau utama Karimunjawa.

2. Pantai Bobby

Pantai Bobby adalah pantai berpasir putih yang terletak di ujung selatan pulau utama Karimunjawa. Saat menyusuri bibir pantai ini, wisatawan dapat menemukan beberapa bebatuan alami dan menikmati pemandangan pegunungan.

Selain menyusuri pantai, mereka bisa bersantai sambil menikmati kelapa muda yang dapat dibeli di warung dekat pantai.

Wisatawan yang gemar berswafoto juga bisa mengunjungi beberapa lokasi foto yang tersedia, salah satunya adalah ayunan.

Baca Juga: Daftar Pantai di Bali Paling Populer

3. Pantai Anora

Pantai Anora letaknya di ujung timur pulau Karimunjawa. Wisatawan perlu menempuh perjalanan sekitar 30-40 menit menggunakan motor atau mobil. Pantai ini termasuk pantai yang jarang pengunjung, sehingga cocok bagi wisatawan yang tidak suka dengan keramaian.

“Pantai ini menurut saya unik dengan panorama yang luas di atas bukit yang menjorok ke pantai”, terang @wisatakarimun.

Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat bukit yang terletak di bibir pantai dengan nama Bukit Anora. Bukit dan pantai ini cocok sebagai lokasi menikmati pemandangan matahari terbit.

4. Pantai Ujung Gelam

Pantai ini bisa diakses melalui jalur darat atau laut. Jaraknya sangat dekat dari pusat kota, sekitar 10 menit perjalanan. Terdapat pohon kelapa doyang yang membuatnya tampak kian cantik. Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, kalian cukup mengeluarkan uang Rp 5.000,- saja.

5. Pantai Barakuda

Pantai dengan hamparan pasir putih ini dipenuhi dengan pohon kelapa yang meneduhkan. Di sekitar pantai, terdapat bebatuan unik motifnya bergaris-garis seperti terkikis ombak. Kamu juga bisa bersantai sambil menikmati es kelapa muda di bibir pantai. Harga tiket masuk ke pantai ini hanya Rp 5.000.

6. Pulau Cilik

Sesuai dengan namanya, pulau ini sangat kecil. Bahkan, kamu bisa menyusuri hanya dalam beberapa menit saja. Tetapi, keindahannya tak kalah di banding yang lainnya. Kamu bisa snorkeling di sini, menikmati berbagai jenis terumbu karang yang indah dan biota laut yang unik.

7. Pantai Bunga Jabe

Pantai Bunga Jabe punya perpaduan antara keindahan alam, kesenian, dan budaya yang menarik dan memiliki pasir berwarna putih yang lembut dan di kelilingi pepohonan rimbun. Berlokasi di Pulau Kemujan, Kepulauan Karimunjawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *