Sistem Menjaga Kesehatan Paru-paru yang Penting Dikenal

0
Sistem Menjaga Kesehatan Paru-paru

Sistem Menjaga Kesehatan Paru-paru yang Penting Dikenal – Menjaga kesehatan paru-paru kita patut diawali dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat, seperti stop mengisap rokok. Merokok telah familiar sebagai perusak kesehatan paru-paru bagus bagi perokok aktif ataupun pasif. Jikalau paru-paru rusak, sejumlah fungsi vitalnya untuk menjaga kesehatan dapat terganggu. fungsi paru-paru yang utama yaitu untuk menukar oksigen dan karbon dioksida tiap kali kita menarik dan mengembuskan nafas. Oksigen diperlukan tiap sel tubuh, termasuk jantung dan otak, untuk Anda konsisten hidup dan sehat. Meski, karbondioksida yaitu produk limbah dari tubuh Anda yang patut dikeluarkan melewati tiupan nafas.

Sistem Menjaga Kesehatan Paru-paru

1. Tak Boleh Rokok

Rokok ialah penyebab utama gangguan pernafasan, mencakup kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK. Asap rokok bisa mempersempit saluran udara dan mempersulit pernafasan. Itu menyebabkan peradangan kronis atau pembengkakan di paru-paru. Lama kelamaan asap rokok merusak jaringan paru-paru dan bisa memicu perubahan yang berkembang menjadi kanker.

2. Hindari menjadi perokok pasif

Asap rokok yaitu campuran rumit bahan kimia yang diciptakan dari pembakaran tembakau. Sama seperti perokok primer, perokok pasif bisa menyebabkan gangguan pernafasan bagus ringan ataupun berat. Dua pertiga dari asap rokok tak dihirup oleh perokok, melainkan melebur ke udara di lingkungan sekitar.

3. Hindari paparan polutan udara yang bisa menjadi gangguan paru-paru

Polutan udara tak cuma berasal dari asap rokok, masih ada banyak polutan udara yang dapat mengganggu pernafasan kita, di antaranya:

  • Asap pembakaran kayu atau sampah
  • Asap kendaraa
  • Asap limbah pabrik
  • LPG yang bocor
  • Jamur
  • Radon
  • Abu vulkanik dampak letusan gunung berapi

4. Cuci tangan dengan benar mengaplikasikan sabun dan air

Diperkirakan tangan menyebarkan 80 persen gangguan pernafasan menular yang lazim, seperti pilek dan flu. Sehingga sebagai metode mencegah gangguan pernafasan, penting untuk kita rajin mencuci tangan yang benar dengan sabun dan air bersih.

Baca Juga : Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Pubertas

5. Menjaga kebersihan rumah

Kebersihan rumah juga menjadi elemen penting dalam menjaga kesehatan paru-paru. Kesehatan paru-paru bisa terganggu dengan debu dan tungau yang beredar di sekitar rumah, seperti di kasur, sofa, bangku, meja, dan daerah tidur. Penting untuk mencuci seprai dengan air panas setidaknya 54,5 Celcius untuk membunuh tungau. Lalu, jaga karpet konsisten bersih dan kering.

6. Mempunyai ventilasi yang cukup di dalam rumah

Radang saluran pernafasan bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan paru-paru dengan susah bernafas, dada terasa berat, dan sesak. Mengonsumsi makanan anti-inflamasi bisa mengurangi peradangan untuk meredakan gejala hal yang demikian.

Makanan yang menolong melawan peradangan:

  • Kunyit
  • Sayuran berdaun hijau
  • Ceri
  • Bluberi
  • Zaitun
  • Kacang-kacangan

7. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang bisa menolong mengurangi peradangan di paru-paru, penyebab gangguan pernafasan. Senyawa antioksidan pun bisa melindungi jaringan paru-paru dari efek membahayakan menghirup asap. Studi 2018 melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari mempunyai fungsi paru-paru yang lebih bagus dari pada mereka yang tak minum sama sekali.

8. Olahraga

Apakah Anda muda atau tua, ramping atau gemuk, berbadan sehat atau hidup dengan penyakit kronis atau cacat, olahraga atau aktif secara jasmaniah bisa menjadi metode menjaga kesehatan paru-paru Anda. Sama seperti olahraga teratur membikin otot Anda lebih kuat, itu juga membikin paru-paru dan jantung Anda lebih kuat. Di kala kebugaran jasmaniah Anda meningkat, tubuh Anda menjadi lebih efisien dalam memasukkan oksigen ke dalam aliran darah dan mengangkutnya ke otot yang berprofesi. Sebagian ragam olahraga juga bisa memperkuat otot leher serta dada, termasuk diafragma dan otot di antara tulang rusuk yang berprofesi sama untuk bernafas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *