Pengertian Teknologi Laptop, Kelebihan dan Jenis-Jenis Laptop

0
Pengertian Teknologi Laptop

Pengertian Teknologi Laptop, Kelebihan dan Jenis-Jenis Laptop – Mendengar kata laptop bagi sebagian orang sudah tentu bukan hal yang asing. Laptop saat ini adalah salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan dan hampir orang yang bekerja atau sedang menempuh pendidikan memilikinya. Laptop saat ini sudah menggantikan fungsi komputer (personal computer) yang lebih mudah untuk dibawa kemanapun. Selain fungsinya sama, laptop menjadi lebih simpel dan tidak seberat komputer.

Pengertian Teknologi Laptop

Dalam Wikipedia, Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya sekitar antara 1-6 kg, yang disesuaikan dengan ukuran, bahan dan spesifikasi laptop tersebut. Definisi laptop juga diartikan sebagai sebuah perangkat komputer yang berukuran kecil dan ringan dibandingkan dengan komputer. Laptop mempunyai fungsi yang sama dengan komputer, selain itu untuk melakukan pekerjaan yang ringan hingga berat tentu saja lebih mumpuni komputer dibandingkan dengan laptop.

Sejarah Teknologi Laptop

Perkembangan laptop dari awal muncul hingga sampai sekarang ini cukup panjang. Laptop ketika awal kemunculannya tidak sama dengan sekarang, namun lebih sederhana. Dari waktu ke waktu terus dilakukan pembaharuan agar semakin canggih dan lebih efisien.

1. Tahun 1975 (IBM Portable PC 5100)

IBM Portable PC 1500 adalah komputer dengan bentuk portable pertama dari perusahaan IBM yang ketika itu di perkenalkan pada September 1975. Komputer secara khusus di buat untuk dipakai para ahli matematika dan insinyur. Komputer IBM Portabel PC 1500 ini adalah sebuah evolusi yang bersumber dari protipe yang dinamakan dengan SCAMP (Special Computer APL Machine Portable) yang di ciptakan oleh Dr. Paul Friedl dan timnya di IBM Los Gatos Scientific Center di tahun 1973.

2. Tahun 1977 (Rockwell AIM 65)

Selanjutnya adalah Rockwell AIM 65 yang merupakan komputer mikro dari perusahaan Rockwell yang di lucurkan pada tahun 1977 yang di bekali oleh mikroprosesor MOS Technology 6502. Komputer ini lebih lengkap di bandingkan keluaran sebelumnya, di dalamnya telah di lengkapi dengan perangkat lunak (software), monitor, penerjemah BASIC, PL/65, Pascal dan sistem pengembangan FORTH dan juga perangkat keras (hardware) seperti floppy disk drive dan backplane.

3. Tahun 1978 (IBM Portable PC 5100)

IBM Portable PC 5100 adalah komputer portabel dengan pengembangan dari IBM Portable PC 5100 yang rilis di tahun 1973 dengan memakai mikroprosesor IBM Palm Processor. Komputer ini memiliki keunggulan lebih dari versi 5100 sebab telah mendukung lebih banyak perangkat I / O contohnya floppy disk drive, IEEE-488, set karakter (EBCDIC) yang memang cocok dengan mesin IBM lain.

4. Tahun 1979 (Heathkit H89)

Heathkit H89 merupakan sebuah komputer dengan spesifikasi portabel “all in one” dari Healt Company yang di keluarkan di akhir tahun 1979 dengan memakai mikroprosesor Zilog Z80. Komputer generasi ini adalah versi pengembangan dari Heathkit H8 yang keluar pada tahun 1977. H89 telah di bekali dengan program monitor MTR-88 di dalam ROM yang bisa bisa membuat pengguna mengoperasikan di tingkat mesin atau memakai komputer tanpa drive disk atau kaset.

Baca Juga : Teknologi Akan Tiba Yang Akan Mengganti Style Hidup

5. Tahun 1981 (Osborne 1)

Komputer portabel berikutnya adalah Osborne 1. Ini adalah komputer portabel pertama di dunia yang di ciptakan oleh Adam Osborne dan di luncurkan pada 3 April 1981. Komputer ini memakai sistem operasi CP/M 2.2 dan mikroprosesor Zilog Z80 @4.0 MHz. Namun, komputer ini mempunyai kelemahan seperti layarnya yang hanya berukuran 5 inchi dan hanya dapat menampilkan 52 karakter x 24 baris.

6. Tahun 1983 (Gavilan SC)

Gavilan SC adalah komputer portabel pertama yang bisa di sebut sebagai “laptop”. Komputer ini di luncurkan pada Mei 1983. Dan di buat oleh Manual (Manny) Fernandez dengan memakai mikroprosesor 5 MHz Intel 8088. Mempunyai basis GUI (Graphical User Interface). Untuk daya bersumber dari baterai Nickel Cadmium dan bisa beroperasi sampai dengan 9 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *