Obat Sakit Tipes yang Ampuh

Obat Sakit Tipes yang Ampuh – Tipes atau demam tifoid adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Infeksi menyebar melalui makanan maupun minuman yang telah terkontaminasi bakteri tersebut.

Obat tipes dikonsumsi slot gacor 777 untuk mengatasi penyebab infeksi dan meredakan gejala yang dialami. Karena tipes disebabkan oleh bakteri, pengobatannya yang utama adalah dengan pemberian antibiotik.

Tujuan pemberian obat sakit tipes dibedakan menjadi obat untuk meredakan gejala dan obat untuk mengatasi bakteri penyebab tipes. Pengoabtan juga dilakukan untuk meredakan gejala karena penyakit ini bisa menyebabkan beragam keluhan, seperti demam tinggi, sakit kepala, lemas, nyeri otot, mual, muntah, ruam merah, diare, hingga sembelit.

Jenis Obat Sakit Tipes yang Ampuh Diresepkan Dokter

Karena gejala tipes mirip dengan gejala penyakit lain, anda mungkin akan di minta dokter untuk menjalani pemeriksaan darah, pemeriksaan tinja, maupun pemeriksaan urine guna memastikan keberadaan bakteri Salmonella Typhi.

Setelah di pastikan penyebab kondisi yang di alami adalah tipes, barulan dokter akan memberikan obat sakit tipes. Perawatan tipes di lakukan di rumah maupun di rumah sakit, tergantung pada kondisi penderita. Adapun obat sakit tipes yang dapat diresepkan dokter adalah:

Antibiotik

Seperti telah di sebutkan, antibiotik slot bet 100 perak adalah pengobatan tipes yang utama. Obat ini berguna untuk membunuh bakteri penyebab tipes. Jenis antibiotik yang umumnya di berikan oleh dokter adalah:

Baca Juga: Gejala Awal Penyakit Asma yang Perlu Diwaspadai

1. Amoxicillin

Amoxicillin merupakan oabt sakit tipes yang sering di resepkan dokter karena harganya terjangkau dan relatif aman untuk ibu hamil. Cara kerja amoxicillin adalah dengan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab tipes. Obat ini biasanya di resepkan untuk di minum 3 kali sehari selama 10 hari.

2. Ciprofloxacin

Ciprofloxacin umumnya menjadi pilihan dokter bagi pasien yang pernah mendapatkan amoxicillin sebagai obat sakit tipes, tetapi tidak efektif dalam mengatasi kondisi tersebut.

Obat sakit tipes ini bekerja dengan cara membunuh bakteri Salmonella Typhi. Ciprofloxacin juga aman di konsumsi oleh ibu hamil. Dokter umumnya akan meresepkan obat ini untuk di minum 2 kali sehari selama 7 hari.

3. Trimethoprim-suldamethoxazole

Jika pilihan obat sakit tipes di atas tidak tersedia di unit pelayanan kesehatan, kombinasi trimethoprim dan sulfamethoxazole (TMP-SMX) bisa menjadi pilihan. Obat ini di konsumsi sebanyak 2 kali selama 7-10 hari.

4. Azithromycin

Azithromycin di berikan untuk pasien yang tidak dapat menggunakan ciprofloxacin atau jika kondisinya tidak kunjung membaik karena bakteri telah resisten. Sebagai obat sakit tipes, azithromycin di konsumsi sebanyak 1 kali sehari selama 5-7 hari.

5. Ceftriaxone

Ceftriaxone merupakan obat sakit tipes yang efektif untuk mengatasi tipes pada anak-anak. Menurut penelitian, pemberian ceftriaxone sebagai obat tipes lebih efektif daripada penggunaan chloramphenicol yang umumnya di resepkan sebagai obat sakit tipes pada anak. Selain itu, obat ini juga mampu mengurangi durasi perawatan di rumah sakit.

Obat ini hanya tersedia dalam bentuk suntik, sehingga biasanya baru akan di berikan jika pasien menjalani rawat inap.

Gejala tipes umumnya akan membaik dalam waktu 2-3 hari setelah minum antibiotik. Namun, antibiotik sebaiknya tetap di konsumsi sesuai dengan arahan dokter. Hal ini berguna untuk mencegah resistensi antibiotik dan mencegah gejala tipes kambuh di kemudian hari.

Kortikosteroid

Selain meresepkan antibiotik, dokter dapat meresepkan obat sakit tipes dari kelompok kortikosteroid. Dexamethasone adalah salah satu obat kortikosteroid yang di gunakan sebagai obat sakit tipes karena kerjanya sebagai oabt anti radang.

Obat ini umumnya hanya di gunakan pada kondisi tipes yang tergolong berat hingga mengancam nyawa. Hal ini karena pemberian dexamethasone di nilai dapat mengurangi risiko kematian pada penderita tipes berat. Sedangkan untuk tipes yang masih tergolong ringan, pemberian obat ini tidak memberikan banyak perubahan.

Pada pasies yang mengalami demam, dokter juga dapat meresepkan paracetamol untuk meredakan demam dan nyeri. Namun, obat ini tidak perlu di konsumsi lagi bila demam dan nyeri sudah reda.

Selain minum obat sakit tipes dari dokter, penderita tipes di sarankan untuk lebih banyak minum air putih, mengonsumsi makanan bergizi, dan banyak beristirahay untuk mempercepat penyembuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *