Makanan Khas Betawi yang Terkenal Enak

0
Makanan Khas Betawi yang Terkenal Enak

Makanan Khas Betawi yang Terkenal Enak – Ciri khas masakan Betawi adalah rasanya yang gurih dan tidak terlalu pedas. Selain itu, rempah yang umum di gunakan adalah lengkuas, jahe, daun salam, dan batang serai.

Makanan Khas Betawi yang Terkenal Enak

Bagi kalian yang berasal dari luar area dan hendak singgah ke Jakarta, Mimin telah merangkum rekomendasi makanan khas Betawi yang sayang jikalau di lewatkan begitu saja. Simak dan catat, ya!

1. Laksa Betawi

Dalam daftar makanan khas Betawi pertama kali ini adalah laksa betawi Laksa betawi adalah hidangan mi yang di beri bumbu dan di siram kuah kekuningan. Aroma udang rebon dalam kuah laksa mengimbuhkan aroma segar dan khas udang.

Terbuat dari campuran santan dan kelapa sangrai membawa dampak kuah Laksa Betawi kental yang khas. Hidangan ini terhitung di santap dengan ketupat.

2. Gabus Pucung

Gabus pucung adalah salah satu makanan khas Betawi yang merupakan olahan sayur dan memanfaatkan lauk ikan gabus goreng. Sedangkan, nama pucung di sita dari pemakaian pucung atau kluwek yang merupakan salah satu bumbu dan jadi pewarna. Cara pembuatan hidangan ini tidak jauh berlainan dengan sayur ikan pada umumnya yang di lengkapi dengan pucung sebagai pewarna sayur.

3. Bubur Ase

Bubur ase adalah hidangan yang menyajikan bubur nasi dengan kuah ase terhitung asinan. Perbedaan makanan khas Betawi yang satu ini dengan bubur umumnya adalah penyajian kuah semur daging khas Betawi pada hidangan ini.

Tampilannya lebih gelap dan pekat. Selain daging, anda terhitung akan mendapatkan potongan kentang, tahu, sampai telur.

Baca Juga: 5 Resep Mie Tek-tek Lezat ala Warkop

4. Soto Tangkar

Soto tangkar adalah makanan khas Betawi selanjutnya bikin di santap kala anda singgah ke Jakarta. Tangkar sendiri berarti iga sapi dalam bhs Betawi yang di gunakan pada jaman penjajahan Belanda di Indonesia.

Perbedaan soto tangkar dengan soto betawi, yakni jikalau soto tangkar memanfaatkan jintan dan kapulaga sebagai bagian dari jajaran bumbunya.

5. Soto Betawi

Keunikan soto betawi yang membedakannya dengan soto lainnya di beraneka area yakni kuahnya yang memanfaatkan campuran santan dan susu. Selain kuahnya, ciri khas dari makanan khas Betawi yang tenar satu ini adalah tambahan mata sapi, terpedo, dan hati tak hanya jeroan dan daging sapi sebagai lauk dari hidangan soto yang satu ini.

6. Semur Jengkol

Semur jengkol adalah salah satu makanan khas Betawi yang paling populer. Hidangan ini di namakan demikianlah gara-gara jengkol sebagai bahan utama di masak dengan cara braising. Oleh gara-gara itu, jengkol pada semur jengkol punya tekstur empuk yang ringan di konsumsi.

7. Ketoprak

Ketoprak adalah hidangan sayuran dan telur rebus yang di siram dengan saus kacang. Sayur rebus yang di gunakan antara lain tauge, mentimun, dan tahu. Sumber karbohidrat hidangan ini berasal dari bihun dan ketupat.

Selain saus kacang, hidangan terhitung di berikan sedikit kecap manis dan taburan bawang merah goreng dengan dengan beberapa keping kerupuk.

8. Nasi Ulam Betawi

Makanan khas Betawi selanjutnya adalah nasi ulam betawi. Nasi ulan betawi merupakan hidangan nasi yang di campur dengan beraneka rempah dan bumbu terutama daun pegagan. Terkadang daun pegagan di ganti dengan daun kemangi.

Selain itu, terdapat sayuran, beraneka bumbu dan beraneka macam lauk-pauk. Masakan ini berasal dari turunan hidangan Melayu di tanah Betawi.

9. Asinan Betawi

Asinan pada dasarnya adalah hidangan yang lewat sistem pengacaran. Hanya saja, di bandingkan dengan memanfaatkan cuka sebagai pengawet, asinan memanfaatkan garam.

Bahan yang di asinkan umumnya adalah sayuran dan buah-buahan. Asinan di sajikan dengan dengan kerupuk dan membawa dampak tampilannya seperti rujak memuat sayuran yang telah di awetkan.

10. Kerak Telor

Kerak telor pada dasarnya adalah makanan khas betawi yang mirip dengan omelet. Selain telur, bahan yang di gunakan adalah beras ketan putih, ebi sangrai, bawang merah goreng yang di beri bumbu halus.

Bumbu halus tersebut terbuat dari cabai merah, jahe, kencur, kelapa sangrai, merica, gula pasir, dan garam. Hidangan ini ringan di temukan di kurang lebih Kota Tua, Jakarta Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *