Kuliner Malam Jogja Mulai Dari Gudeg Hingga Mie Godog

0
Kuliner Malam Jogja

Kuliner Malam Jogja Mulai Dari Gudeg Hingga Mie Godog – Jogja adalah julukan singkat untuk menyebut Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari sisi sejarah, kota ini memang memiliki peran istimewa, karena pernah menjadi ibukota Republik Indonesia. Dilihat dari sisi budaya, khususnya budaya kuliner, Jogja juga memiliki keistimewaan. Kota ini terkenal sebagai kota kuliner yang memiliki ragam kuliner lezat, khususnya kuliner tradisional dan kaki lima. Meski wilayah DIY terbilang kecil, namun khazanah kulinernya sangat kaya dengan cita rasa luar biasa. Menu-menu di kota ini, mulai dari menu sarapan hingga hidangan malam hari banyak yang istimewa. Kali ini, Rumah.com merangkumkan kuliner malam di kota istimewa ini.

1. Kuliner Malam Jogja: Angkringan Kopi Joss Lik Man

Salah satu legenda kuliner malam di Jogja adalah Angkringan Lik Man. Pantas disebut legenda, karena angkringan ini sudah berdiri sejak awal 1960-an. Artinya usia angkringan ini sudah lebih dari 60 tahun dan sudah melayani beberapa generasi di Jogja. Selain usia yang sangat panjang, kreasi hidangan juga membuat angkringan ini layak mendapat predikat legenda. Kopi jos adalah kreasi dari angkringan ini. Sudah tahu apa itu kopi jos? Itu loh, kopi yang viral karena memasukkan bara api ke dalam cangkir sebelum disajikan. Sangat unik.

  • Alamat: Jl. Poncowinatan No.7, Gowongan, Jetis, Jogja
  • Jam operasional: Sabtu-Minggu, 17.00-01.00
  • Kisaran harga menu: Rp20 ribu-Rp30 ribu / orang untuk makanan dan minuman

2. Kuliner Malam Jogja: Sate Klathak Pak Bari

Sate klathak tak bisa dipisahkan dari kuliner malam Jogja. Ini sate yang ditusuk dengan jeruji sepeda dengan potongan besar ini jadi sajian khas daerah Jogja Selatan, khususnya Bantul. Sate dengan potongan daging jumbo ini sebenarnya sudah tekenal sejak dulu. Sekarang, namanya semakin melejit sejak menjadi setting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Tentu saja yang paling terkenal adalah Sate Pak Bari yang jadi setting film ini.

  • Alamat: Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Jogja
  • Jam operasional: Setiap hari, Pukul 17.30-23.30 WIB
  • Kisaran harga menu: Mulai Rp50 ribu / per orang untuk makanan dan minuman

Baca Juga : Wisata Kuliner Manado yang Wajib Anda Cicipi

3. Kuliner Malam Jogja: Gudeg Permata Bu Narti

Nama Permata bukan diambil dari jenis batu permata ya. Permata adalah nama bioskop yang terletak di depan warung gudeg ini. Meski bioskopnya sekarang sudah tutup, nama Gudeg Permata tetap melekat. Gudeg Permata memang sudah masuk daftar warung legenda Jogja. Bagaimana tidak, gudeg ini sudah berdiri sejak 1961. Sudah lebih dari 60 tahun umurnya. Warung ini bukan saja jadi langganan warga Jogja, tapi juga wisatawan luar kota.

  • Alamat: Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Jogja
  • Jam operasional: Setiap hari, Pukul 20.00-01.00 WIB
  • Kisaran harga menu: Mulai Rp20.000 / orang untuk makanan dan minuman

4. Kuliner Malam Jogja: Nasi Rames Demangan

Menu rumahan, terkadang jadi menu yang ngangenin. Bila Anda sedang ingin kuliner malam di Jogja dan ingin makan menu rumahan, langsung saja meluncur ke Nasi Ramesan Demangan. Warung ini menyajikan menu sangat beragam. Apa saja? Ada sayur labu, sayur lodeh, sayur nangka, gudeg telur dadar, telur ceplok, balado telur, telur asin, ayam goreng, balado ayam, ikan mujair, ikan lele, ikan pindang, dan lainnya.

  • Alamat: Jl. Affandi No.5B, Klitren, Kec. Gondokusuman, Jogja
  • Jam operasional: Setiap hari, 21.00-04.00
  • Kisaran harga menu: Mulai Rp10 ribu/ per orang untuk makanan dan minuman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *