Ketahui Fakta Kanker Prostat

0
Ketahui Fakta Kanker Prostat

Ketahui Fakta Kanker Prostat – Kanker prostat adalah jenis problem kesehatan yang sering di kenal sebagai penyakit orang tua di karenakan sering berjalan pada pria berusia di atas 50 tahun. Kanker ini di mulai di kelenjar prostat, yang berada di antara penis dan kandung kemih. Kondisi ini berjalan akibat pertumbuhan sel secara abnormal pada kelenjar prostat yang berfungsi sebagai pelindung dan pengangkut sperma.

Ketahui Fakta Kanker Prostat

Penyakit ini, menurut Global Cancer Statistic, menjadi jenis kanker yang paling sering di alami oleh pria di Indonesia tetapi sebetulnya dapat di sembuhkan pada tahap awal.

Tercatat pada Maret 2023, penderita kanker prostat di dunia mencapai lebih dari 1.400.000 orang. Kanker prostat terhitung menjadi kanker yang paling sering di diagnosis ke-4 di dunia.

Sebagian besar pasien kanker prostat tidak merasakan gejala. Maka dari itulah, kanker prostat di sebut sebagai silent killer di karenakan mengancam nyawa pria dewasa berusia lanjut tanpa terdeteksi keberadaannya.

Yuk kenali tanda-tanda kanker prostat, cara mendeteksi, dan metode penyembuhannya pada artikel berikut.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Dapat Dilakukan

Mengenal Masalah Kesehatan Pada Prostat

Prostat adalah suatu kelenjar saluran reproduksi, hanya ada pada pria yang terletak di antara buli-buli dan uretra dan melingkari lumen uretra. Prostat membawa fungsi memproduksi cairan yang ikut bercampur pada semen (air mani).

Meskipun kelenjar prostat normal hanya sebesar biji buah salak, tetapi selama hidup pria, prostat dapat menimbulkan problem hingga penyebab kematian.

Semua keluhan yang berasal dari prostat biasanya di sebut sebagai simptom saluran kemih bagian bawah (lower urinary tract symptoms), yang dahulu dikenal sebagai “protatisme”. Beberapa problem atau penyakit yang dapat timbul pada prostat yaitu:

  1. Prostatitis: kelainan pada prostat yang di tandai bersama dengan ada inflamasi pada kelenjar prostat dan dapat berjalan mendadak (akut) atau menahun (kronis).
  2. Benign prostatic hyperplasia (BPH) alias pembesaran prostat jinak.
  3. Kanker atau karsinoma prostat.

Pada pria dewasa muda, usia 30 hingga 45 tahun, dapat berjalan problem berupa prostatitis, akut atau kronik, bakterial maupun abakterial, hingga pada tanda-tanda yang di sebut sebagai prostatodynia.

Sedangkan prostat sendiri menjadi usia 40 tahun secara gradual akan makin tambah besar dan pembesaran ini di kenal sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH) alias pembesaran prostat jinak.

Umumnya pada usia yang lebih tua, prostat dapat berubah menjadi ganas, yang di kenal sebagai kanker atau karsinoma prostat (Ca-Prostat).

Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat di mulai dikala sel-sel di kelenjar prostat menjadi tumbuh di luar kendali. Seringkali tidak ada tanda-tanda selama tahap awal kanker prostat. Sahabat MIKA dapat mengenali penyakit ini di kala laksanakan skrining atau medical check up rutin untuk mendeteksi pergantian yang kemungkinan mengindikasikan kanker.

Sama seperti jenis kanker lainnya, ada tanda-tanda kanker prostat dibagi menjadi dua jenis, yakni umum dan lanjutan.

Gejala umum

Pria yang mengalami kanker prostat, di kenali bersama dengan tanda-tanda berikut:

  • Kesulitan mencegah membuang air kecil
  • Sering idamkan membuang air kecil, lebih-lebih di malam hari
  • Aliran urin yang lemah
  • Terdapat darah dalam urin atau air mani
  • Buang air kecil atau ejakulasi menjadi menyakitkan
  • Nyeri di punggung , pinggul, atau panggul

Gejala lanjutan

Orang bersama dengan kanker prostat stadium lanjut kemungkinan terhitung tidak tunjukkan gejala. Tanda-tanda potensial akan terkait pada ukuran kanker dan di mana ia udah menyebar di dalam tubuh.

Selain di atas, kanker prostat stadium lanjut dapat melibatkan gejala-gejala tambahan seperti sakit tulang, penurunan berat badan yang tidak dapat di jelaskan, dan kelelahan.

Pengobatan Kanker Prostat

Pengobatan kanker prostat terkait pada tingkat keparahan pasien. Berikut ini penjelasannya:

Kanker prostat stadium awal

Sebuah kanker terhitung stadium awal jika kankernya kecil dan terlokalisasi. Perawatan akan terkait pada beraneka faktor yang tentu akan mendiskusikan lebih-lebih dahulu bersama dengan pasien.

Pada tahap awal, dokter kemungkinan akan laksanakan pilihan pengobatan berikut ini:

  1. Pemeriksaan persentase PSA darah secara tertib tetapi tidak mengambil alih tindakan segera. Kanker prostat tumbuh perlahan, dan risiko efek samping pengobatan kemungkinan lebih besar daripada kebutuhan untuk pengobatan segera.
  2. Pembedahan bersama dengan laksanakan prostatektomi radikal untuk mengangkat tumor. Selain pengangkatan prostat, prosedur ini kemungkinan terhitung melibatkan pengangkatan jaringan di sekitarnya, vesikula seminalis, dan kelenjar getah bening di dekatnya.
  3. Terapi radiasi yang di laksanakan untuk membunuh sel kanker atau mencegahnya tumbuh.

Kanker prostat stadium lanjut

Saat kanker tumbuh, maka dapat menyebar ke seluruh tubuh agar pilihan pengobatan akan berubah. Ada beberapa jenis pengobatan yang akan di rekomendasikan dokter antara lain:

  1. Kemoterapi mengfungsikan obat-obatan untuk menolong menghentikan pertumbuhan sel kanker.
  2. Terapi hormonal
  3. Operasi untuk mengangkat testis, yang memproduksi beberapa besar hormon tubuh.
  4. Imunoterapi mengfungsikan sistem kekebalan tubuh seseorang untuk menolong melawan kanker.
  5. Terapi yang di targetkan mengfungsikan obat-obatan atau zat lain yang mengidentifikasi dan menyerang sel kanker spesifik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *