Istilah Otomotif Pada Sisi Mobil Wajib Anda Tahu

0
Istilah Otomotif Pada Sisi Mobil

Istilah Otomotif Pada Sisi Mobil Wajib Anda Tahu – Mobil mempunyai bahasa tertentu. Beberapa istilah otomotif yang dipakai untuk menggambarkan mobil kadangkala memusingkan, seperti mesin yang jalankan mobil. , Anda tidak butuh ketahui tiap istilah pada kamus mobil untuk pahaminya, tetapi ketahui istilah-istilah otomotif tentu saja tentunya bermanfaat. Khususnya untuk lakukan perawatan pada mobil armyndonews.id

1. Horsepower (Unit Tenaga Kuda)

Horsepower atau yang seringkali di kenali sebagai (HP) ialah unit umum dari pengukur daya mesin. Istilah horsepower kerap dipakai di dunia otomotif dan mempunyai makna yang tidak sama dari 1 kendaraan dengan kendaraan yang lain, begitupun antara negara. Satu horsepower sama dengan 75 kilogram-force mtr. [kgf · m] per detik. Makin tinggi angka horsepower-nya, makin cepat kendaraan itu dapat melesat. Mobil sedan umumnya Anda akan menyaksikan mesin dengan 120 tenaga kuda dan pada SUV yang memiliki ukuran semakin lebih besar umumnya digerakkan mesin yang mempunyai 200 tenaga kuda. Mobil lebih kecil umumnya di gerakkan mesin yang mempunyai 70 tenaga kuda.

2. Mileage (Jarak Tempuh)

Mileage atau jarak menempuh mengarah pada jarak yang di perlukan kendaraan untuk bergerak dengan memakai bahan bakar sekitar 1 ltr. Untuk pastikan apa jarak tempuhnya tinggi atau rendah bergantung pada usia mobil itu dan jaraknya. Mobilmu harus di servis untuk menukar beberapa mesin mobil, oli, dan air (bila diperlukan). Mobil tua yang berusia 15 tahun dalam jarak menempuh 100.000 km lebih bagus di banding mobil yang berusia tiga tahun dalam jarak menempuh yang masih sama. Karena itu bila Anda telah menyaksikan semacam itu, Anda perlu lakukan tune up pada mesin mobil.

3. Nomor Kerangka Kendaraan

Umumnya, tiap mobil mempunyai nomor analisis kendaraan atau NIK yang unik. Nomor ini terdiri dari 17 watak, memadankan huruf dan angka dan di pandang seperti akte kelahiran mobil itu. NIK simpan banyak info seperti catatan sejarah mobil, macam dan mode mobil, lokasi pembikinannya, fiturnya, dan banyak. Nomor ini dapat di ketemukan di beberapa sisi mobil yang tidak sama seperti pintu sopir, dashboard, dan di bawah bangku penumpang depan.

4. Penyaring Udara

Penyaring udara atau filter udara mobil ialah penjaga keamanan mobilmu. Walaupun sisi mobil ini tidak membuat perlindungan mobilmu dari pencurian dan pembobolan, filter udara jaga supaya tidak ada kotoran yang masuk ke dalam saat mesin mobilmu. Tempat mesin memerlukan rerata 9.000 liter udara tiap menit dan penyaring udara yang bersih berperanan penting saat pastikan berapa efektif mesin bekerja. Bila penyaring udara penuh secara kotoran, udara bersih tidak dapat masuk hingga mempengaruhi mesin untuk menyiapkan tenaga bahan bakar yang cukup, yang pada akhirannya mempengaruhi tenaga mesin dengan keseluruhnya.

5. Viskositas Oli

Viskositas oli berperanan penting saat jaga keadaan mobil. Umumnya, pelumas kendaraan di kelompokkan berdasar tingkat viskositasnya (kekentalan oli), terkait secara efektivitasnya dalam penuangan pada temperatur tertentu. Viskositas oli tidak dapat masuk hingga mempengaruhi mesin untuk menyiapkan tenaga bahan bakar yang cukup.

6. Coolant (Pendingin)

Coolant atau pendingin pastikan jika mesin mobilmu tidak begitu panas sepanjang musim panas dan tidak beku ketika musim dingin, yang dapat mengakibatkan kerusakan kronis pada mesin (dan makan ongkos lebih besar).

7. Rem

Fungsi dari rem mobil pastinya tidak perlu dijelaskan lagi. Bagian ini berfungsi untuk memperlambat laju mobil sehingga mobil dapat berhenti dengan aman dan untuk mencegah tabrakan. Pada umumnya, bantalan rem bisa bertahan setidaknya 80.000 kilometer. Tapi, efisiensi rem juga bergantung pada gaya mengemudi, lokasi, frekuensi mengemudi, dan beberapa faktor lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *