Fungsi Spoiler Mobil, Bukan Hanya Sekadar Untuk Terlihat Keren

0
Fungsi Spoiler Mobil, Bukan Hanya Sekadar Untuk Terlihat Keren

Fungsi Spoiler Mobil, Bukan Hanya Sekadar Untuk Terlihat Keren – Setiap bagian pada mobil miliki faedah dan peranan tersendiri. Salah satu bagian paling menarik adalah spoiler yang kerap jadi aksesoris tambahan agar beri tambahan nuansa keren dan sporty.

Spoiler yang di pasangkan pada mobil bisa memengaruhi aerodinamika mobil. Aksesoris ini bisa berguna untuk tingkatkan tekanan ke bawah pada kendaraan mobil. Tujuannya agar bisa memengaruhi gaya angkat yang berjalan pada kecepatan tinggi.

Fungsi Spoiler Mobil, Bukan Hanya Sekadar Untuk Terlihat Keren

Namun, memang faedah spoiler bukan cuma aksesoris yang menarik saja, jadi Sahabat jangan sembrono untuk memengaruhi atau menambahnya. Sebaiknya kamu ketahui dahulu apa faedah spoiler jikalau di pasang ke mobil kesayanganmu di bawah ini.

Mobil Lebih Aerodinamis

Dengan ada spoiler jadi lebih aerodinamis. Hal ini sangat merasa jikalau Sahabat mengemudikan mobil berjenis sedang, hatchback dan juga minibus. Mungkin bagi lebih dari satu orang berasumsi spoiler berguna untuk beri tambahan nilai malah pada penampilan mobil, tapi nyatanya spoiler bisa tingkatkan performa mobil dan jadi lebih stabil pada kecepatan tinggi akibat dari lekukan yang ada pada spoiler. Selain itu spoiler juga dapat menghindar mobil melayang sementara kecepatan tinggi akibat terpaan angin dan massa yang lebih ringan.

Baca Juga: Bagian Penting Pada Dashboard Mobil

Membersihkan Kotoran di Belakang

Peran lainnya dari spoiler yang kudu Sahabat ketahui adalah ternyata bisa menangkis kotoran atau debu dari belakang. Sebagai misal saja, jikalau mobil style hatchback kerap mengalami turbulensi hawa di bagian belakang menyebabkan banyak debu yang berputar di kira-kira mobil. Sehingga spoiler yang di pasangkan itulah berperan untuk meredam turbulensi yang terjadi. Dengan begitu kotoran atau debu jadi lebih sedikit yang melekat di kaca belakang.

Nah Sahabat, sesudah paham faedah spoiler mobil, tentu kamu langsung tertarik untuk memasangnya. Sebelum lakukan pembelian, kamu juga kudu paham jenis-jenis spoiler yang nantinya cocok dengan style mobil kesayanganmu berikut ini.

1. Rear spoiler

Rear Spoiler atau spoiler belakang merupakan style spoiler yang paling lazim dan kerap kamu lihat berada di belakang bodi mobil. Spoiler style ini biasa di gunakan pada mobil sedan, hatchback, mobil racing, sampai supercar. Pada mobil sedan dan racing, spoiler di letakkan di atas bagasi belakang mobil. Sementara itu, pada mobil hatchback, spoiler di letakkan di atas kaca belakang.

2. Front spoiler

Jika Rear Spoiler di letakkan di belakang, lain halnya dengan Front Spoiler yang berada di bagian bumper depan mobil. Hal ini agar bodi mobil makin dekat dengan tanah dan mengecilkan aliran hawa dari bawah yang menyebabkan mobil melayang sementara kecepatan tinggi.

Front Spoiler berguna untuk mengimbangi spoiler belakang, agar di saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, keseimbangan mobil selamanya stabil. Karena Front Spoiler menyebabkan bodi depan mobil dekat dengan tanah, spoiler ini tidak di rekomendasikan untuk daily car terutama yang bodi mobilnya udah ceper.

3. Lip Spoiler

Jenis spoiler mobil ini biasa di pasangkan pada mobil sedan. Fungsinya untuk mempercantik penampilan mobil saja. Pemasangan Lip Spoiler tidak cuma di pasangkan pada bodi mobil bagian belakang saja, tapi juga bagian bumper depan. Karena cuma untuk estetika, Sahabat bisa menyesuaikan dengan keperluan kamu di saat dapat menempatkan lip spoiler.

4. Wing Spoiler

Wing spoiler merupakan style spoiler yang biasa di gunakan pada mobil sport atau supercar. Bentuk spoiler ini lebih besar dan terdapat ruang antara bodi mobil dengan spoiler yang beri tambahan tekanan lebih tinggi di bandingkan dengan spoiler lainnya. Harga pemasangan spoiler-spoiler ini banyak ragam tergantung dari style mobil apa yang dapat di pasang. Misalnya, harga pemasangan spoiler pada mobil hatchback dapat jauh tidak sama dengan harga pemasangan pada mobil racing. Hal ini di sebabkan sebab proses pemasangan tiap mobil menyesuaikan pada kebutuhannya.

Perlu di ingat Sahabat, pemasangan aksesoris spoiler tidak cuma berguna untuk beri tambahan tekanan saja, tapi juga mengalirkan hawa yang masuk ke komponen-komponen yang ringan panas agar suhunya selamanya terjaga. Selain itu, pastikan untuk selamanya menempatkan spoiler di tempat yang tepat pada ahlinya dan jangan sembarangan. Pasang spoiler mobil jikalau Sahabat memang amat butuh pada spoiler tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *