Daftar 10 Gunung Terbaik di Indonesia Untuk Pendaki Pemula

0
10 Gunung Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Daftar 10 Gunung Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Pendaki Pemula – Ingin mendaki gunung tapi takut tak kuat mendaki? bagi kamu yang masih pemula, berikut ini daftar gunung yang ramah bagi para pendaki pemula.

Menyaksikan panorama matahari terbit langsung dari puncak gunung, memandang hamparan lautan awan putih, pastinya semua orang ingin merasakan pengalaman menakjubkan ini. Namun untuk sampai ke puncak gunung, terkadang slotgacor kita harus menaklukkan jalur pendakian yang tidak mudah dan tergolong sulit untuk dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman dalam hiking.

Namun kamu tidak perlu khawatir. Bagi kamu pendaki pemula yang ingin merasakan keindahan panorama dari puncak perbukitan tinggi ini, gunung-gunung yang ramah didaki untuk para pemula bisa jadi pilihan yang paling tepat untuk melatih fisikmu.

Ada banyak plihan gunung di Indonesia yang cocok untuk didaki para pemula. Berikut telah armyndonews.id ulas 11 gunung di Indonesia yang biasanya jadi tempat favorit bagi pendaki pemula. Keindahannya juga tidak kalah dengan gunung-gunung yang jalur pendakiannya sulit, lho!

Rekomendasi Gunung Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Jika belum pernah sama sekali mendaki gunung, berikut beberapa rekomendasi gunung terindah dan terfavorit yang cocok untuk pendaki pemula. Yuk, simak sampai habis!

1. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray yang bertempat di Garut, Jawa Barat, memiliki ketinggian 2821 mdpl. Baik untuk pemula maupun profesional, Gunung Cikuray selalu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendaki gunung.

Tanjakan Gunung CIkuray memang terkenal terjal di sepanjang jalur pendakiannya, terutama ketika sudah mulai memasuki hutan.

Yang paling menarik, dari segi iklim, Gunung Cikuray masih terhitung lebih aman dan tidak memberatkan. Alhasil, aktivitas pendakian di Gunung Cikuray akan tetap menyenangkan meski memang medannya berat.

Baca Juga : Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi di Ternate

2. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Puncaknya yang berada di ketinggian 3078 mdpl, Gunung Ciremai siap menyambut setiap pendaki yang tertantang untuk menaklukkan puncaknya.

Sebagian besar kondisi jalur pendakian dan iklimnya sama seperti Gunung Cikuray, hanya saja Gunung Ciremai sekitar 250 meter lebih tinggi di bandingkan Gunung Cikuray.

Gunung Ciremai sering di anggap sebagai salah satu rekomendasi gunung terbaik favorit pendaki di Pulau Jawa. Gunung ini bisa di capai dari Cirebon, Majalengka dan Kuningan karena di kelilingi tiga daerah tersebut. Namun, aku sarankan untuk mendakinya lewat Jalur Apuy, Majalengka, Jawa Barat.

3. Gunung Merbabu

Gunung lainnya yang kerap di anggap sebagai gunung terbaik favorit pendaki di Pulau Jawa adalah Gunung Merbabu.

Gunung Merbabu di kelilingi oleh Boyolali, Magelang, dan Kabupaten Semarang. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3142 mdpl.

Gunung ini sendiri memiliki keindahan di sepanjang jalur pendakiannya. Ada banyak pilihan jalur di antaranya Jalur Selo, Jalur Wekas, dan lain sebagainya.

Di Puncak Triangulasi sebelum mencapai puncak tertinggi yakni Puncak Kentheng Songo, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu mengagumkan. Terdapat Gunung Merapi yang seakan menyatu dengan lereng Gunung Merbabu dan Gunung Sindoro dan Sumbing di kejauhan.

4. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung yang jalurnya sulit untuk dilalui. Gunung ini berada di sekitar Wonosobo dan berhadapan langsung dengan Gunung Sumbing. Salah satu gunung terbaik favorit pendaki ini juga merupakan salah satu dari empat gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Memiliki ketinggian 3153 mdpl, Gunung Sindoro siap menantang siapa saja untuk menggapai puncaknya.

Gunung ini memang memiliki lebih sedikit pos perhentian, tetapi menjadi salah satu gunung yang memiliki jalur yang terjal dengan tanjakan yang super melelahkan untuk didaki.

5. Gunung Sumbing

Saudara kembar Gunung Sindoro, memiliki ketinggian 3371 mdpl. Gunung Sumbing menawarkan tingkat kesulitan pendakian yang mirip dengan Gunung Sindoro, dan memakan waktu tempuh pendakian yang lebih lama karena memang lebih tinggi di banding saudaranya.

Gunung Sumbing menawarkan keindahan yang takkan terlupakan, terutama setelah mendaki terjalnya jalur dan mencapai ketinggiannya. Jangan pernah sia-siakan kesempatanmu untuk mendaki Gunung Sumbing.

6. Gunung Slamet

Gunung Slamet bersama dengan Gunung Sindoro dan Sumbing kerap dijuluki Triple S, yakni tiga dari empat gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Gunung Slamet memiliki ketinggian 3428 mdpl, dikelilingi oleh lima Kabupaten di sekitar Jawa Tengah; Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang, juga dikitari oleh pertanian warga nan subur.

Sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet tentu tidak mudah untuk ditaklukkan. Kondisi jalur pendakian dan beratnya rintangan perjalanan semakin memperberat pendakian, tetapi membuatnya semakin berkesan. Gunung Slamet juga merupakan salah satu rekomendasi gunung terbaik favorit pendaki di Pulau Jawa.

7. Gunung Prau

Masih dari Jawa Tengah, ada satu lagi gunung yang sangat cocok untuk pendaki pemula, Gunung Prau. Terletak di Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Desa Patak Banteng, puncak Gunung Prau menawarkan hamparan lautan awan yang sudah siap untuk memanjakan mata dan menenangkan pikiran kita. Gunung yang tingginya mencapai 2.565 mdpl ini juga bisa menjadi tempat yang tepat bagi kamu yang ingin melihat cantiknya golden sunrise, lho.

Selain menikmati awan-awan cantik dari puncak Prau, kamu juga bisa melihat pemandangan puncak Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu dari kejauhan. Hanya dengan pendakian selama kurang lebih 3 jam, kamu sudah bisa menginjakkan kaki di puncak Prau dan menikmati keindahan salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia ini.

8. Gunung Gede

Jika ingin melihat keindahan hamparan padang bunga edelweis, Gunung Gede bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik. Terletak di Bogor, Jawa Barat, gunung yang masih termasuk bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini sangat cocok untuk pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Untuk kamu yang masih pemula, bisa mendaki gunung berketinggian 2.958 mdpl ini melalui jalur Cibodas yang medannya tidak terlalu terjal dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. Selain padang edelweis, selama perjalanan mata kamu juga akan di manjakan dengan pemandangan air terjun Cibereum, menikmati hangatnya sumber air panas, hingga telaga.

Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, Gunung Gede sangat cocok untuk melepas kepenatan saat weekend. Untuk menuju ke sana, kamu bisa naik kereta api dengan tujuan Stasiun Bogor, lalu naik angkutan kota ke terminal Barangsiang untuk kemudian di sambung dengan angkot menuju Cibodas.

9. Gunung Papandayan

Terletak di Garut, Jawa Barat, Gunung Papandayan menyimpan aneka pesona yang sudah siap untuk memanjakan para pecinta alam. Selama perjalanan menuju puncak gunung berketinggian 2.265 ini, kamu akan di suguhkan dengan pemandangan kawah-kawah belerang seperti Kawah Baru, Kawah Manuk, Kawah Mas, dan Kawah Nangklak.

Perjalanan menuju puncak yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam ini di jamin tidak akan membuat kamu bosan karena kamu akan menemui padang bunga Edelweis yang luas bernama Tegal Alun, sekaligus melihat ke-eksotis-an hutan mati dengan ranting pepohonan yang sudah mengering.

10. Gunung Bromo

Gunung yang berada di provinsi Jawa Timur ini terletak di empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini menjadi salah satu tujuan wisata populer di Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *