Ciri Orang Memiliki Sifat Hedonisme

0
Ciri Orang Memiliki Sifat Hedonisme

Ciri Orang Memiliki Sifat Hedonisme – Pemaknaan kata aztec slot hedonisme dalam gaya hidup mengacu pada tindakan dan kebiasaan yang berfokus pada pemenuhan hasrat dan kenikmatan pribadi, seperti berlebihan dalam konsumsi makan, minum, dan belanja, serta menghabiskan waktu dan uang untuk aktivitas yang hanya memuaskan keinginan pribadi.

Dari pengertian yang ada ini dapat kita simpulkan jika hedonisme adalah gaya hidup yang fokus pada kenikamtan serta kepuasan pribadi tanpa mementingkan dampaknya terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Hedonisme sangat erat kaitannya dengan kekayaan, kenikmatan batin, kekuasaan, kebebasan, dan sebagainya.

Ciri Orang Memiliki Sifat Hedonisme

Hedonisme adalah sebuah pandangan hidup yang meyakini jika setiap orang akan menjadi bahagia jika mereka terus mencari kebahagiaan dan menghindari rasa sakit yang ada. Menjadikan kesenangan sebagai tujuan hidup dan tindakan manusia. Berikut ini ciri-ciri orang yang memiliki sifat hedonisme:

1. Menjadikan kebahagiaan sebagai tujuan utama

Tidak pernah merasa puas, selalu ingin sesuatu yang lebih, dan terus menerus menepis perasaan sakit atau lari dari hal yang dianggap menjadi sebuah beban adalah ciri pertama dari orang yang memiliki sifat hedonisme. Mereka percaya bahwa kebahagiaan adalah tujuan utama yang harus dipenuhi setiap insan, khususnya diri mereka sendiri.

2. Konsumtif

Sifat konsumtif bisa dikatakan sebagai sifat mutlak yang dimiliki oleh mereka para penganut hedonisme. Tidak peduli apakah barang yang mereka inginkan merupakan suatu kebutuhan atau hanya keinginan semata, mereka akan mencari cara untuk mendapatkannya. Singkatnya, orang hedon tidak memiliki skala prioritas dalam hidupnya. Tak heran jika banyak dari mereka tidak memiliki tabungan apalagi investasi.

Baca Juga: Jenis-Jenis Gaya Hidup Tidak Sehat

3. Pilih-pilih teman

Gaya hidup hedonisme membuat seseorang cenderung mengotak-ngotakan lingkup pertemanan. Mereka bersikap selektif dalam memilih teman dan akan mengutamakan teman-teman yang dirasa mampu memberikan keuntungan dan sepaham dengan mereka.

Mereka bukanlah tipikal yang mau berteman dengan orang yang tidak mampu secara materi atau bahkan orang kaya yang tidak suka hura-hura seperti mereka.

4. Ingin segala sesuatu yang serba mewah

Mereka yang memiliki gaya hidup hedonisme adalah orang-orang yang cenderung ingin bermewah-mewahan dan larut dalam gemerlap dunia.

Orang dengan ciri ini terbagi ke dalam dua jenis. Pertama, mereka yang emamng mampu secara togel finansial. Kedua, mereka yang cenderung memaksakan keadaan dan rela melakukan apa saja untuk memenuhi standar hidup yang mereka inginkan. Tipe yang kedua ini cenderung ekstrim dan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya, seperti berhutang dan menggadaikan aset yang di miliki untuk kebutuhan konsumtif.

5. Cenderung anti sosial

Selain selektif dalam memilih teman yang sepaham dengan mereka, orang hedon juga memiliki kecenderungan anti sosial atau umumnya orang-orang menyebutnya ‘ansos’. Mereka cenderung bersikap egois, hanya mau mementingkan dirinya sendiri atau dengan kata lain tidak memiliki kepekaan di lingkungan sosial.

Dampak dari Hedonisme

Berbagai hal negatif bisa muncul akibat perubahan gaya hidup yang berubah menjadi hedon. Beberapa dampak yang lazim terjadi dari gaya hidup hedonisme adalah sebagai berikut:

1. Masalah Finansial

Konsumsi berlebihan dalam gaya hidup hedonisme dapat menyebabkan masalah keuangan dan tekanan finansial, seperti utang yang menumpuk dan pengeluaran uang yang tidak terkontrol.

2. Masalah Kesehatan

Gaya hidup hedonisme yang mencakup makanan berlebihan, minum alkohol, dan menghabiskan waktu untuk aktivitas yang tidak sehat dapat menurunkan kualitas hidup dan mempengaruhi kesehatan secara negatif.

3. Masalah Sosial

Hedonisme mampu membawa masalah sosial terhadap gates of gatot kaca kehidupan seseorang. Membuat orang menjadi egosentris dan mengabaikan kebutuhan dan perasaan orang lain, menimbulkan masalah sosial dan mempengaruhi hubungan interpersonal.

4. Masalah Lingkungan

Konsumsi berlebihan dan gaya hidup hedonisme yang tidak berkesinambungan dapat mempengaruhi lingkungan dan mempercepat degradasi lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *