Cara Menjaga Stamina Ibu Menyusui Agar Tetap Bugar

0
Cara Menjaga Stamina Ibu Menyusui

Cara Menjaga Stamina Ibu Menyusui Agar Tetap Bugar – Mengkonsumsi vitamin menjadi satu cara menjaga stamina ibu menyusui agar tetap bugar. Namun vitamin saja tidak cukup bagi ibu menyusui. Masih ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan agar stamina dan kesehatan ibu menyusui tetap terjaga. Bagi Sahabat Sehat yang tengah menyusui, rasa lelah dan mudah lapar merupakan hal yang kerap dialami. Terlebih kini di masa pandemi Covid-19, Sahabat Sehat harus lebih giat dalam menjaga kesehatan tubuh agar produksi ASI tetap baik dan berkualitas.

Masa menyusui si kecil adalah momen yang sangat menyenangkan dan tentunya membahagiakan. Walaupun begitu, masa menyusui adalah masa yang berat karena akan menguras banyak waktu, pikiran, dan tenaga. Apalagi jika saat masa menyusui juga harus memikirkan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. Jangan sampai Sahabat Sehat jatuh saat harus menyusui si kecil karena tentunya akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI yang nantinya juga berdampak pada kesehatan si kecil armyndonews.id

1. Asupan Makanan Bergizi Seimbang

Menyusui diketahui membakar sekitar 300 kalori per hari. Sahabat Sehat dianjurkan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang seperti gandum utuh, makanan sumber protein (misal daging, ikan, telur, unggas, susu dan produk olahannya), serta sayuran untuk menjaga kadar gula darah serta mengurangi munculnya rasa lapar berlebihan. Penuhi asupan vitamin dan mineral seperti kalsium, iodin, vitamin B12 dan vitamin D, yang penting untuk pertumbuhan tulang, gigi, serta saraf bayi. Jika dibutuhkan silahkan mengkonsumsi suplemen dan multivitamin, tentunya dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter mengenai suplemen yang cocok digunakan oleh Sahabat Sehat.

2. Jaga Pola Makan, Hindari Alkohol & Rokok

Jika ada makanan yang sebaiknya di konsumsi ibu dalam masa menyususi, maka ada juga makanan dan minuman yang harus di hindari. Selama menyusui, Sahabat Sehat di sarankan menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, serta minuman beralkohol sebab dapat terserap ke dalam ASI. Minuman berkafein dan alkohol yang terserap ke tubuh ibu dan mempengaruhi kualitas ASI. ASI dari ibu yang mengkonsumsi alkohol dan minuman berkafein dapat menyebabkan bayi rewel serta sulit tidur. Konsumsi rokok sangat tidak di sarankan, apalagi saat seorang ibu harus menyusui anaknya. Selain asapnya dapat mempengaruhi kesehatan bayi, rokok juga tidak baik bagi kesehatan ibu. Mengkonsumsi rokok dapat menyebabkan ibu yang sedang menyusui jadi mudah lelah dan mudah marah.

3. Penuhi Kecukupan Cairan Tubuh

Di masa menyusui, tubuh memerlukan tambahan asupan cairan yang lebih banyak. Konsumsi air putih minimal 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas per hari menjadi cara menjaga stamina ibu menyusui yang sangat efektif dan wajib di lakukan. Hindari minuman berenergi, alkohol, maupun soda. Untuk memantau kecukupan cairan tubuh, Sahabat Sehat dapat melihat dari warna urin. Idealnya urin tampak berwarna kuning pucat, jika urin terlihat kuning pekat maka hal ini menunjukan kurangnya asupan cairan dalam tubuh.

4. Istirahat yang Cukup

Di masa menyusui, Sahabat Sehat mungkin kesulitan tidur akibat menjaga bayi. Meski demikian, berikan waktu di sela-sela kesibukan untuk mengistirahatkan tubuh seperti berbaring di sofa ataupun mendengarkan musik. Hal ini tentu dapat membantu Sahabat Sehat mengelola stress dan membuat tubuh lebih rileks.

5. Kelola Stress Dengan Baik

Berdasarkan penelitian, salah satu kendala selama tahun pertama menyusui adalah masalah kesehatan mental ibu. Sahabat Sehat mungkin merasa lelah, bosan, bahkan muncul rasa takut dan cemas berlebihan di masa menyusui. Jika mengalami hal tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan pasangan, keluarga, maupun tenaga profesional seperti dokter, psikolog, dan konselor laktasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *