Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tetap Sehat dan Jernih

0
Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tetap Sehat dan Jernih – Di dalam kehidupan sehari-hari, mata memegang peranan yang sangat penting. Yap, berkat organ sensoris ini. Fungsi mata sangat penting karena dapat kamu jadi bisa melihat berbagai hal sehingga memudahkan dalam menjalani berbagai aktivitas. Namun, ada kalanya mata mengalami penurunan fungsi. Oleh karena itu, perlu upaya untuk menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari berbagai penyakit armyndonews.id

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata?

Agar mata bisa bekerja secara optimal, ada beberapa cara lho, yang bisa kamu lakukan. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menjaga mata tetap sehat.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Menjaga kesehatan mata tidak sesulit itu, kok. Salah satu cara menjaga kesehatan mata yakni dengan mengonsumsi makanan bergizi. Misalnya selenium, lutein, vitamin E, vitamin A, vitamin C, dan asam lemak omega-3. Beberapa nutrisi tersebut diketahui dapat mencegah masalah mata terkait usia, seperti katarak dan degenerasi makula. Nutrisi tersebut dapat kamu temukan di sayuran hijau, telur, kacang-kacangan dan jeruk. Meski begitu, pengolahan makanan tersebut perlu dilakukan dengan cara yang benar, untuk memaksimalkan khasiat yang diberikan.

2. Rutin Memeriksakan Mata

Baik anak-anak maupun orang tua, dianjurkan untuk mengunjungi dokter mata secara rutin. Setidaknya, setiap dua tahun sekali. Namun bagi orang dewasa di atas usia 40 tahun, di anjurkan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bisa mencegah penyakit mata terkait usia seperti glaukoma, degenerasi makula, dan katarak. Pemeriksaan mata memungkinkan dokter untuk memantau kondisi mata dan mengidentifikasi masalah mata lebih awal karena kondisi medis tertentu seperti terjadi tekanan darah tinggi dan diabetes. Terutama bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit mata yang dapat diturunkan dari orang tua kepada anak keturunannya.

3. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Beberapa studi menemukan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit mata. Dari hasil studi tersebut, di temukan bahwa olahraga kardio dapat menjaga mata tetap sehat. Hal ini terjadi karena olahraga secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh, salah satunya tekanan darah di bagian mata. Bahkan kebutaan akibat di abetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi sekali pun dapat di hindari dengan berolahraga secara rutin.

4. Hati- Hati dalam Menggunakan Make Up

Riasan dalam bentuk cair dan krim dapat menampung bakteri jika tidak di gunakan dalam waktu lama. Jadi, sebaiknya buang atau ganti make up kamu setelah 3 bulan penggunaan. Selain itu, pastikan untuk mencuci wajah secara menyeluruh sebelum dan sesudah merias wajah. Jika iritasi atau infeksi mata terjadi saat memakai riasan, hapus riasan dan segera dapatkan bantuan medis.

5. Hindari Penggunaan Gadget dalam Durasi yang Lama

Menatap layar komputer atau smartphone dalam waktu lama dapat menyebabkan ketegangan mata dan menjadikan mata lelah.
Gejalanya meliputi nyeri leher, nyeri bahu dan punggung, sakit kepala, mata kering, dan pandangan menjadi kabur. Jika telah bekerja di depan komputer sepanjang hari, cobalah untuk mengistirahatkan mata kamu dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit. Atau, kamu juga dapat mengistirahatkan mata dengan durasi selama 15 menit setiap dua jam. Jika mata terasa kering, kamu bisa sering berkedip atau menggunakan obat tetes mata. Pastikan bahwa ketika menggunakan gadget kamu memerhatikan jarak antara mata dengan layar untuk meminimalisir terjadinya kerusakan dan merawat mata agar tetap sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *