Cara Agar Tetap Fokus dan Tidak Mudah Terdistraksi

0
Cara Agar Tetap Fokus dan Tidak Mudah Terdistraksi

Cara Agar Tetap Fokus dan Tidak Mudah Terdistraksi – Untuk tetap fokus dan berkonsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan ataupun tugas, kamu perlu menghilangkan segala gangguan. Gangguan tersebut bisa dalam bentuk apa pun sehingga membuat kamu merasa tidak tenang bahkan butuh waktu sendirian. Alternatif yang dapat digunakan yaitu dengan emncari lokasi yang lebih tenang dalam beberapa waktu ke depan hingga pekerjaanmu selesai.

Namun, notifikasi juga menjadi gangguan yang perlu dihidnari ketika menyelesaikan sesuatu. Kebiasaan untuk terus tenggelam dalam sosial media dan menjelajah internet pun kadang membuatmu menjadi kehilangan fokus dan sulit berkonsentrasi.

Berikut beberapa cara agar tetap fokus dan tidak mudah terdistraksi.

1. Evaluasi Sejauh Mana Fokus Mentalmu

Fokus untuk menjalani hal-hal penting bisa di mulai dari mentalmu. Jadi, untuk mempelajari cara agar tetap fokus, maka harus mengevaluasi terlebih dahulu seberapa kuat dan sejauh mana fokus mentalmu.

Fokusmu akan terasa baik, apabila kamu merasa mudah untuk tetap waspada, kamu menetapkan tujuan dan membagi beberapa tujuan menjadi bagian yang lebih kecil, dan beristirahat sejenak, lalu kembali lagi bekerja. Namun, sebaliknya, fokusmu perlu di perbaiki lagi apabila kamu masih sering melamun, tidak bisa menghilangkan gangguan, dan kehilangan arah untuk perkembanganmu selanjutnya.

Jika kamu sudah merasa tingkat konsentrasimu lebih baik, kamu bisa membuatnya menjadi lebih kuat dengan berlatih dan membangun kebiasaan sesuai dengan kemampuanmu.

Baca Juga: Penyebab Self Esteem Rendah dan Cara untuk Meningkatkannya

2. Hilangkan Segala Gangguan

Gangguan yang di rasakan oleh setiap orang mungkin akan berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa yang termasuk pada hal-hal yang mengganggumu. Salah satu strategi yang bisa di coba yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bisa membuatmu tetap fokus atau beristirahatlah sejenak agar bisa mengumpulkan pikiran yang lebih positif. Buatlah waktu istirahat di sela-sela mengerjakan pekerjaan atau tugas tersebut, bisa sekitar 10 menit atau lebih sesuai dengan kebutuhanmu.

Saat kamu ingin mempertimbangkan aplikasi apa yang mengganggumu, kamu bisa memikirkan kapan dan bagaiamna aplikasi itu akan di gunakan untuk mencapai tujuanmu. Kamu bisa membatasi waktu untuk membukanya atau hanya membuka ketika benar-benar membutuhkannya.

3. Batasi Fokusmu

Multitasking mungkin dapat menyelesaikan suatu hal dengan cepat, tetapi dengan mengerjakan banyak tugas sekaligus, maka produktivitasmu akan berkurang dan bsia membuatmu kesulitan untuk fokus pada detail yang benar-benar penting. Oleh karena itu, cara untuk tetap fokus, yaitu dengan memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas satu per satu. Jadi, berhentilah untuk melakukan banyak tugas dan lebih baik untuk memberikan perhatian penuh di satu waktu.

4. Hidup di Masa Sekarang

Secara mental, kamu akan merasa kesulitan untuk tetap fokus jika masih memikirkan seluruh hal yang berada di luar kendalimu. Apalagi hal tersebut sudah berlalu atau bahkan belum terjadi. Kamu bsia saja merenungkan masa lalu atau mencemaskan masa depan. Padahal, kenyataannya kamu harus segera menyelesaikan tugas tersebut di masa sekarang. Gangguan tidak hanya berbentuk fisik, seperti dalam bentuk ponsel, tetapi juga bisa dalam bentuk psikologis berupa kecemasanmu.

5. Latih Fokusmu dengan Kegiatan Positif

Saat membangun fokus secara mental, tentunya butuh waktu yang lama. Bahkan, seorang atler profesional pun membutuhkan banyak waktu dan latihan untuk memperkuat keterampilan konsentrasi mereka. Maka, kamu bisa melatihnya setiap hari dan malakukan kegiatan positfi lainnya.

Kegiatan tersebut di antaranya dengan berolahraga secara teratur, melakukan meditasi, menghabiskan waktu di alam terbuka, konsumsi makanan yang seimbang, melatih otak dengan permainan yang bisa membuatmu fokus dalam waktu yang lama, konsumsi suplemen untuk meningkatkan kesehatan otak, dan jangan lupa untuk meningkatkan kualitas tidurmua agar kamu tidak merasa lelah dan stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *